fbpx

Info Lengkap SBMPTN 2019 Dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Lainnya

Fakta dan Alurnya

Info Lengkap SBMPTN 2019 berikut Jadwalnya | Pedagocamp

Halo teman-teman semuanya. Udah kelas 3 SMA? Udah siap menghadapi SBMPTN 2019 belum? Kalo udah siap coba sebutkan perbedaan signifikan SBMPTN 2019 dengan SBMPTN sebelumnya?

Tahukan teman-teman, SBMPTN 2019 ini sangat sangat sangat berbeda dibandingkan SBMPTN sebelumnya. Apa saja yang berbeda? terus selain perbedaan dengan SBMPTN sebelumnya ada fakta apa lagi ya tentang SBMPTN 2019? Yuk kita simak

Info Lengkap SBMPTN 2019 berikut Jadwalnya | Pedagocamp 1

Fakta SBMPTN 2019

Fakta SBMPTN 2019 yang pertama:

Alokasi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2019

SNMPTN

SNMPTN ini MINIMAL 20% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Jadi kalo di sebuah prodi (misal prodi Sastra Inggris) itu menampung 100 mahasiswa, seminimal-minimalnya 20 mahasiswa diterima lewat jalur SNMPTN. Ingat itu minimal lho. Jadi kampus boleh memberikan kuota lebih dari 20%.

SBMPTN

MINIMAL 40% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Berarti kalo di prodi sastra Inggris tadi ada 100 mahasiswa, maka seminimal-minimal nya ada 40 mahasiswa yang diterima lewat jalur SBMPTN. Mungkin juga lebih karena 40% adalah kuota minimal.

Mandiri

MAKSIMAL 30% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Berarti kalo di prodi sastra Inggris ada 100 orang mahasiswa, ga akan lebih dari 30 mahasiswa merupakan mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri.

Fakta SBMPTN 2019 yang kedua:

100% Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Fakta SBMPTN 2019 yang ketiga:

Dilaksanakan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi negeri (LTMPT) dengan soal terstandarisasi. O ya LTMPT ini sendiri dibentuk dengan status yang lebih permanen ya guys. Maksudnya ka? maksudnya setelah SBMPTN ini selesai maka LTMPT tidak bubar. Mereka akan terus menganalisis dan mengembangkan kualitas penyeleksian masuk perguruan tinggi untuk tahun berikutnya. Beda dengan sebelumnya yang setiap event SBMPTN selesai maka kepanitiaan berakhir sampai situ.

Fakta SBMPTN 2019 yang keempat:

BACA INI DENGAN SEKSAMA. Calon mahasiswa dapat melaksanakan tes di 85 PTN. Boleh pilih yang terdekat dengan tempat tinggal. Misal kalian tinggal di Semarang, ya kalian bisa ambil tes nya di UNDIP. Nanti ada semacam spot yang berisi komputer-komputer untuk kalian mengerjakan ujian tulis berbasis komputer. Clear kan?

Fakta SBMPTN 2019 yang kelima:

PERHATIKAN INI. Tes UTBK akan berlangsung selama Maret-Mei 2019, sebanyak 24 gelombang setiap hari Sabtu dan Minggu.

Fakta SBMPTN 2019 yang keenam:

PERHATIKAN JUGA INI. Calon mahasiswa diperbolehkan mengikuti tes 2x dalam kurun 1 tahun dengan biaya Rp.200.000 untuk 1x pendaftaran. Dengan kata lain kamu bakal daftar 2x kalau mau ujian 2x. Kalo sekali langsung keterima dan puas dengan hasil tersebut maka kalian cukup daftar 1x dan tentunya bayar 1x aja.

Fakta SBMPTN 2019 yang ketujuh:

Tes nya terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan kelompok ujian Saintek atau Soshum. TIDAK ADA IPC. Jadi untuk 1x tes kalian hanya tes untuk prodi Saintek atau Soshum. Tapi kalian di tes yang kedua (kesempatan tes 2x dengan 2x pendaftaran, lihat fakta sebelumnya) bisa ambil prodi yang berbeda (kalau sebelumnya Saintek bisa ambil Sosjum, begitu pun sebaliknya)

Fakta SBMPTN 2019 yang kedelapan:

Untuk peminat Program Studi bidang studi seni/olahraga, ujian keterampilannya diganti dengan sistem portofolio Non-akademis (seperti SNMPTN)

Fakta SBMPTN 2019 yang kesembilan:

PERHATIKAN. Tes dulu, baru dapat nilai, baru daftar PTN.

Fakta SBMPTN 2019 yang kesepuluh:

Hasil tes bisa kalian gunakan untuk mendaftar ke 2 pilihan. Pilihan apa nih? PTN atau prodi? intinya nanti ada 2 slot. Kalian bisa pilih:
A. 2 prodi yang berbeda dari PTN yang sama

B. 2 prodi yang berbeda dari PTN yang berbeda

C. 1 prodi yang sama dari PTN yang berbeda

Diharapkan dengan cara ini SBMPTN 2019 akan berjalan lebih adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel. Jadi gada deh itu yang namanya pandangan bahwa nilai SBMPTN hanya panitia yang tahu, isu lembar jawaban SBMPTN ketumpahan kopi panitia yang lagi scan LJK terus lembar jawabannya dibuang dan ga dinilai, dll. Ga ada juga kemacetan di pagi hari yang mestinya damai karena seluruh siswa kelas 3 SMA tes di hari yang sama.

Info Lengkap SBMPTN 2019 berikut Jadwalnya | Pedagocamp 2

Alur SBMPTN 2019

Lalu sebagai calon peserta SBMPTN 2019 kita harus ngapain aja? bingung sob? ini dia alurnya:

1. Tentukan yuk prodi pilihanmu dan cari tahu PTN yang menyediakannya. (Bingung milih prodi karena ga tau kita hebat di bidang apa? ikuti kuisnya di sini)

2. Daftarkan diri untuk tes sesuai bidang jurusan pilihan (Saintek/Soshum) di PTN terdekat yang sudah ditunjuk oleh Kementrian (Maret-Mei)

3. Hari H Pelaksanaan tes di PTN terdekat:
-Tes potensi Skolastik
-Tes Kompetensi Akademik (TKA) Kelompok Soshum / Saintek

4. Hasil Tes Diterima Secara Individu

5. Hasil tes dapat digunakan untuk mendaftar ke 2 PTN Pilihan saat periode SBMPTN

6. PTN akan melakukan seleksi internal untuk memutuskan lulus/tidaknya peserta

Yang Perlu kalian Perhatikan

1. Soal Tes Kompetensi Akademik akan diberlakukan pendekatan Higher Thinking Skills (HOTS). Bagi teman-teman yang khawatir tidak bisa mengerjakan soal HOTS bisa temukan solusinya dengan klik di sini

2. Kalau hasil tes kalian kurang memuaskan, kalian bisa daftar 1x lagi di tahun yang sama. Kalian bisa gunakan nilai tertinggi dari hasil 2x tes tersebut untuk daftar ke PTN.

3. LTMPT (Penyelenggara SBMPTN 2019) hanya memberikan hasil nilai tes. Bukan memberi rekomendasi ke PTN terhadap seorang peserta untuk diterima atau tidak.

4. Kalian diterima atau tidak di PTN adalah hasil kesepakatan masing-masing PTN.

5. Sebaiknya kalian pilih prodi dulu baru pilih kampus. Biar ga salah jurusan kuliah. (Bingung milih prodi karena ga tau kita hebat di bidang apa? ikuti kuisnya di sini)

Tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS)

1. Pendekatan sistem belajar menggunakan lebih banyak proses kognitif
2. Membutuhkan metode belajar dan pengajaran yang berbeda dari Pembelajaran suatu fakta konsep
3. Dalam prosesnya melibatkan kemampuan penilaian yang kompleks seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah

Bagi teman-teman yang khawatir tidak bisa mengerjakan soal HOTS bisa temukan solusinya dengan klik di sini

Jadwal – jadwal SNMPTN 2019

Launching SNMPTN: 4 Januari 2019
Pengisian dan Verifikasi PDSS: 4-5 Januari 2019
Pendaftaran SNMPTN: 4-14 Februari 2019
Pengumuman hasil SNMPTN: 23 Maret 2019

Jadwal – jadwal SBMPTN 2019

Pendaftaran Ujian SBMPTN: 12 Januari s/d 27 Maret 2019
Ujian SBMPTN (12 kali terdiri dari 24 Sesi): 30 Maret s/d 26 Mei 2019
Pengumuman Hasil Ujian: 10 April s/d 2 Juni 2019
Pendaftaran SBMPTN untuk ke PTN: 10-24 Juni 2019
Pengumuman hasil SBMPTN: 9 Juli 2019

Sebar info ini seluas-luasnya yuk. Dan bagi kalian yang mau ikutan simulasi SBMPTN 2019 bisa klik tombol di bawah ini.

Leave a Reply

1
Salam, ada yang bisa kami bantu?
Powered by