fbpx

cara lulus seleksi sbmptn

Cara lulus seleksi sbmptn? Ini dia rahasianya!. Gabung di bimbel intensif SBMPTN 2019 PedagoCamp & raih impian masuk UI, UGM, ITB, Kedokteran & PTN Favorit

Cara lulus seleksi sbmptn? Ini dia rahasianya!

Halo teman-teman. Tidak terasa ya sudah kelas 3 SMA dan sebentar lagi kamu akan menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu perkuliahan. Ngomong-ngomong soal kuliah, teman-teman sudah pasang target belum mau kuliah di mana? Kalau teman-teman mau kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) teman-teman mau gak mau harus melewati beberapa jalur diantaranya SBMPTN. Tapi tahukah teman-teman bahwa kurang dari 20% peserta SBMPTN saja yang diterima di perguruan tinggi negeri. Itu baru PTN lho ya, belum PTN favorit. Apalagi PTN favorit, mungkin kurang dari 5% saja yang diterima. Terus bagaimana donk cara agar lulus seleksi SBMPTN? Berikut kaka share tips nya.

Cara lulus seleksi sbmptn? Ini dia rahasianya! | PedagoCamp

Tips lulus seleksi sbmptn

Note: Perlu diingat SBMPTN 2019 kali ini berbeda dengan SBMPTN sebelumnya baik SBMPTN soshum maupun SBMPTN saintek. Jadi tips kali ini kaka buat special karena sedikit berbeda dengan tips sukses SBMPTN pada umumnya.

1.Catat jadwal-jadwal pentingnya, jangan sampai terlewat

Pertama teman-teman harus mengetahui kapan-kapan saja pendaftaran hingga ujian SBMPTN 2019 dilaksanakan. Jangan sampai terlewat karena bila terlewat semua usahamu dan tips-tips setelah ini akan jadi percuma. Adapun untuk info-info jadwal SNMPTN dan SBMPTN bisa lihat di bawah ini:

Jadwal – jadwal SNMPTN 2019

Launching SNMPTN: 4 Januari 2019

Pengisian dan Verifikasi PDSS: 4-5 Januari 2019

Pendaftaran SNMPTN: 4-14 Februari 2019

Pengumuman hasil SNMPTN: 23 Maret 2019

 

Jadwal – jadwal SBMPTN 2019

Pendaftaran Ujian SBMPTN: 12 Januari s/d 27 Maret 2019

Ujian SBMPTN (12 kali terdiri dari 24 Sesi): 30 Maret s/d 26 Mei 2019

Pengumuman Hasil Ujian: 10 April s/d 2 Juni 2019

Pendaftaran SBMPTN untuk ke PTN: 10-24 Juni 2019

Pengumuman hasil SBMPTN: 9 Juli 2019

Cara lulus seleksi sbmptn? Ini dia rahasianya! | PedagoCamp 1

2.Temukan minat bakatmu, lalu bidik jurusan dan PTN mu segera

Ini penting. Dengan menemukan minat dan bakatmu sesegera mungkin teman-teman bisa fokus belajar untuk menggapai jurusan yang sudah teman-teman targetkan yang sesuai minat dan bakatmu. Dan yang lebih penting lagi, dengan menemukan minat bakatmu teman-teman enggak akan galau untuk mengganti target jurusan di tengah jalan saat lagi asyik belajar persiapan menghadapi SBMPTN 2019. Yang terpenting, dengan mengetahui minat dan bakatmu teman-teman bisa terhindar dari salah jurusan kuliah nantinya. Karena 87% mahasiswa di Indonesia merasa salah jurusan kuliah lho. Buat teman-teman yang mau ikutan program di mana teman-teman bisa mengetahui minat bakat, memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai diri teman-teman dan keinginanmu hingga siap menghadapi SBMPTN 2019 dengan soal metode HOTS lalu lulus masuk jurusan kuliah yang sudah ditargetkan teman-teman bisa klik di sini.

Cara lulus seleksi sbmptn? Ini dia rahasianya! | PedagoCamp 2

3. Selain minat dan bakat, berikan alasan yang kuat kenapa teman-teman ingin masuk jurusan tersebut

Misal teman-teman mau masuk pertanian untuk menciptakan sebuah sistem pertanian yang menekan biaya pemupukan dan memaksimalkan hasil tani sehingga membantu mensejahterakan warga di desa teman-teman. Kalau perlu teman-teman ambil foto mahasiswa pertanian (Misal: IPB), dengan jaket almamaternya, lalu ganti wajahnya dengan wajahmu. Tulis di bawahnya namamu, tahun, prestasimu (missal: Boerhan, 2025, penemu benih beras kualitas unggul yang bisa dipanen setiap 1 bulan). Pandangi itu, hayati sebelum teman-teman tidur. Dan jangan lupa berdoa sebelum tidur.

Dengan cara itu teman-teman akan lebih kuat lagi untuk serius mengejar target jurusan kuliah dan tidak mudah galau ganti jurusan di tengah jalan. Yang lebih mengerikan, cara ini bisa mengaktifkan kekuatan alam bawah sadarmu sehingga tidak hanya otakmu saja yang berjuang mati-matian untuk SBMPTN 2019, tapi seluruh tubuhmu akan ikut mendukung kesuksesanmu di SBMPTN 2019. Kalo kata orang teman-teman nantinya akan mengalami Mestakung (Semesta Mendukung).

4. Ketahui persaingan untuk masuk di jurusan yang teman-teman targetkan. Lalu pasang target nilai yang lebih

Yap, misal teman-teman sekarang ngincer doi eh bukan maksudnya ngincer kedokteran, yang passing grade nya 600. Maka teman-teman harus terus latihan dengan target nilai teman-teman lebih dari 600. Kak tapi kan SBMPTN sekarang beda. Terus masih berpatokan dengan Passing Grade tahun-tahun sebelumnya? Kalau boleh jujur passing grade tahun-tahun sebelumnya pun juga gak akurat karena yang mengeluarkan bukan pihak yang resmi mengelola SBMPTN. Tapi passing grade cukup efektif untuk dijadikan patokan.

Mengingat SBMPTN 2019 kali ini masih baru, lalu patokannya apa? Ya mau gak mau masih lihat passing grade SBMPTN sebelumnya saja dan jadikan passing grade ini HANYA sebagai target nilai yang HARUS teman-teman LAMPAUI. Jangan teman-teman puas bila sudah mencapai passing grade.

5. Fokuslah untuk mengejar target nilaimu

Buat skala prioritas. Apa yang teman-teman prioritaskan saat ini? Ya lulus SBMPTN 2019 lalu diterima di jurusan yang amu targetkan. Lalu kegiatan lain seperti ekskul, lomba, shooting sinetron (eaa berasa artis), dll gimana donk? Ya teman-teman sebisa mungkin harus menundanya sampai SBMPTN 2019 usai. Itu adalah ujian kesungguhanmu apakah teman-teman benar-benar ingin masuk jurusan yang teman-teman dambakan lewat SBMPTN 2019 atau tidak. Kalau teman-teman masih berhasil tergoda oleh kegiatan yang lain berarti teman-teman belum sungguh-sungguh. Sama aja kalo teman-teman sungguh-sungguh sama si doi ya teman-teman ga bakal tergoda oleh dia dia yang lainnya.

6. Harus memahami rumus bukan sekedar menghafal

Ini penting, khususnya buat teman-teman yang mau ambil jurusan Saintek di SBMPTN. Apalagi SBMPTN 2019 kali ini menggunakan soal metode HOTS (high Order Thinking Skill) yang lebih memainkan nalarmu daripada hafalanmu. Jadi rumus itu jangan dihafal tapi dipahami. Dengan memahami rumus, teman-teman gak akan pusing bila si pembuat soal memainkan teman-teman dengan mengutak atik variable di soal yang endingnya teman-teman harus menganalisis rumus yang teman-teman pakai hingga memodif rumus tersebut.

Kalo teman-teman khawatir sama soal-soal metode HOTS, teman-teman bisa belajar sama ahlinya di sini.

7. Tahun ini pakai soal metode HOTS yang lebih banyak porsinya! Manfaatkan bimbel atau Try Out SBMPTN yang mengadopsi metode ini

Iya ini benar sekali. Jangan sampai teman-teman try out dan ikutan bimbel yang belum mengadopsi soal metode HOTS karena bisa-bisa upaya mu percuma. Cari try out yang sudah mengadopsi metode soal HOTS dan juga bimbel yang melatih teman-teman menguasai cara menjawab soal-soal metode HOTS.

Teman-teman bisa ikutan try out yang sudah mengadopsi soal metode HOTS di sini

Dan teman-teman bisa mengikuti program belajar yang melatih teman-teman menguasai cara menjawab soal-soal metode HOTS di sini.

8. Gagal di ujian SBMPTN? Jangan sedih, ada kesempatan sekali lagi di tahun ini. Kegagalan pertamamu adalah bahan introspeksi yang luar biasa bernilainya

Ingat ya. SBMPTN 2019 teman-teman punya kesempatan dua kali. Jadi kalau teman-teman gagal di kesempatan pertama jangan sedih. Masih ada kesempatan sekali lagi. Saran kaka di kesempatan kedua teman-teman ambil target yang sama, SBMPTN yang sama (maksudnya kalo ambil Saintek ya saintek, soshum ya soshum juga, jangan pindah yang awalnya saintek jadi soshum begitu juga sebaliknya) karena kalau teman-teman ambil SBMPTN dan target yang berbeda maka teman-teman akan kembali buta. Sebaliknya kalau teman-teman ambil target dan SBMPTN yang sama teman-teman bisa banyak belajar dan menganalisis dari kegagalan SBMPTN yang teman-teman ambil di kesempatan pertama. Jadi gagal di SBMPTN 2019 kesempatan pertama itu bukan musibah, teman-teman bisa banyak dapat hal berharga dari situ!

Note: Perlu teman-teman ketahui, tidak ada IPC di SBMPTN kali ini. Hanya ada Saintek dan Soshum.

9. Jaga Kesehatan dan Jangan Lupa Berdoa

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman semua khususnya anak-anak IPA yang mau sukses di SBMPTN 2019. Tetaplah semangat dan optimis menghadapi SBMPTN. Tetaplah percaya diri teman-teman bisa masuk jurusan kuliah manapun yang teman-teman inginkan. Saran kaka, lebih baik bila teman-teman mencoba mengetahui kecerdasan terpendam teman-teman karena bila seseorang belajar dan berkarya sesuai dengan kecerdasan terpendam yang orang tersebut miliki maka orang tersebut bisa 100 kali lebih hebat daripada yang belajar dan berkarya tidak sesuai dengan kecerdasannya. (Teman-teman bisa mengetahui kecerdasan teman-teman di sini)

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Leave a Reply

1
Salam, ada yang bisa kami bantu?
Powered by